Portal Berita Sulawesi

Pemutakhiran Data Pemilih Mulai Dilakukan

admin

Minggu, 26 Juli 2015 12:01:06 WIB   |  87 pembaca  

PALU – Kegiatan pemutakhiran data pemilih yang digunakan dalam Pilkada 9 Desember mendatang mulai dilakukan. Tercatat pemuktahiran ini melingkupi data pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur dan wali kota.

"Sudah hampir dua pekan ini petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) melaksanakan tugas pemutakhiran di wilayah masing-masing," kata Ketua KPU setempat, Marwan P Angku di Palu, Sabtu.(25/07/2015)
 

Perlu di perjelas Marwan mengatakan PPDP bukan mendata baru, melaikan melakukan pencocokan dan penelitian (coklik) data pemilih pada Pemilu Legislatif dan Presiden 2014.

Sesuai jadwal pelaksanaan pemutakhiran data pemilih oleh PPDP dan PPS selama 36 hari terhitung dari 15 Juli hingga 19 Agustus 2015.

Sebelum mereka melakukan pemutakhiran data, kata Marwan para PPDP terlebih dahulu dibekali dengan standar operasional pekerjaan (SOP).

Ia berharap semua PPDP dan PPS melaksanakan pemutakhiran sesuai petunjuk teknis dan mengacu kepada SOP.

Para petugas pemutakhiran harus benar-benar turun ke lapangan bertemu langsung dengan warga kemudian mencoklit data pemilih dan juga memasukkan pemilih baru dalam formulir yang telah disediakan.

Kalau ternyata pemilih sudah meninggal, pindah, ataupun ada yang telah menjadi anggota TNI/Polri, maka bersangkutan harus dicoret dari daftar pemilih.[SF]

Sumber : Antara



Bagikan :
Tags :
# sulteng
close