Portal Berita Sulawesi

Fokus

100 Tentara Bangun Mushala dan Kios di Tolikara

admin

Sabtu, 25 Juli 2015 01:16:24 WIB   |  164 pembaca  

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menambah personilnya untuk membangun kembali bangunan yang terbakar di Tolikara, Papua. Jumlah personel yang diturunkan mencapai 100 orang untuk mengerjakan pembangunan kios dan tempat ibadah selama 1 bulan.

Gatot mengatakan, penambahan personel tersebut sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi yang meminta agar pemulihan kegiatan perekonomian di Tolikara dipercepat. "Kita tambah 100 personel. Karena dituntut satu bulan harus selesai sehingga ekonomi berjalan," kata Gatot di Istana Negara, Jumat (24/7).

Menurut Gatot, total ada 75 kios yang dibangun kembali. Sebanyak 60 unit untuk menggantikan kios yang terbakar dan 15 unit sisanya dibangun untuk masyarakat setempat. Sebelumnya, saat forum dialog dengan tokoh lintas agama di Istana Negara, Presiden Joko Widodo meminta agar pembangunan kembali kios dan mushala yang terbakar akibat insiden Tolikara dipercepat.

"Satu bulan harus selesai sehingga ekonomi bisa berjalan," kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat tersebut.

Presiden Jokowi mengucurkan anggaran Rp 1 miliar untuk membangun kembali mushala dan kios. Mushala akan dibangun di lahan milik Koramil, sementara kios akan diberikan kepada warga untuk penghasilannya sehari-hari.

Saat kerusuhan pada 17 Juli, kios yang terbakar sebanyak 60 unit. Namun, Jokowi meminta agar ditambah 15 unit lagi untuk masyarakat setempat.

Selain melakukan kembali pembangunan fasilitas yang rusak, tokoh lintas agama juga menguatkan dialog agar peristiwa serupa tidak terulang lagi di Tolikara dan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.

Aparat kepolisian sudah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus tersebut [SF]



Bagikan :
close