Portal Berita Sulawesi

Enam Kapal Ferry di Siapkan Hadapi H-3 Lebaran Idul Fitri

admin

Jum'at, 10 Juli 2015 04:47:31 WIB   |  863 pembaca  

LUWUK - Pada Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah 2015, suasana arus mudik dipastikan akan terjadi di rute penyebrangan perairan yang menghubungkan Kabupaten Banggai dengan Banggai Laut serta Kabupaten Banggai Kepulauan, dan juga di wilayah Kecamatan Pagimana dan Kabupaten Touna, Ampana, Sulawesi Tengah.

Kesibukan mulai dari menyebrangkan kenderaan roda dua maupun roda empat serta angkutan barang lainnya untuk keperluan berlebaran itu,  dipastikan terjadi di H-3 Idul Fitri. ”Lonjakan penumpang kapal di perkirakan akan terjadi pada H-3 lebaran,“ Kata Nurdin Kepala Operasional Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) di Banggai, Kamis,(09/07/2015).

Menghadapi perkiraan lonjakan tersebut, Pihak PT. ASDP Nurdin, memastikan akan menyediakan enam unit kapal untuk melayani para penumpang yang hendak melakukan mudik maupun pada arus balik setelah lebaran.

Dari keeanam kapal, pihak ASDP melayani angkutan laut di pelabuhan Pagimana, Ampana dan layanan antar pulau di selat peling yang terpusat di pelabuahan Lalong Luwuk Banggai.

Untuk kemanan pelayaran sendiri, ASDP telah melakukan pengecekan kelaikan kapal sebelum di berangkatkan. Pengecekan  di lakukan mulai dari bagian mesin kapal juga mengecek geladak untuk kapasitas angkutan kendaraan yang naik ke kapal hingga akan memperketat jumlah penumpang kapal saat hendak berlayar.

Nurdin menambahkan, sebelum pemberangkatan kapal pihaknya terus memantau informasi dari BMKG terkait kondisi cuaca.

Faktor cuaca menjadi kendala utama jika pihak ASDP harus melakukan penundaan pelayaran, hal ini kerap terjadi pada layanan rute kapal Ferry dari Luwuk menuju Maluku.[AB/SF]



Bagikan :
Tags :
# banggai
close