Portal Berita Sulawesi

Fokus

Satu DPD Empat DPR Mesti Lepas Jabatan. Berani Gak Yah ?

admin

Kamis, 09 Juli 2015 15:31:42 WIB   |  1228 pembaca  

 

PILKADA BANGGAI - Senyum kecut pasti ada. Setelah Lima  orang calon kandidat yang bakal melenggang menuju Pilkada Banggai di Desember 2015 harus mengundurkan diri dari jabatan yang tengah di emban mereka.

Mereka adalah Mamun Amir tercatat sebagai anggota DPD-RI, Sukri Djalumang tercatat sebagai anggota DPRD Banggai, Samsulbahri Mang tercatat sebagai  ketua DPRD Banggai, juga pasangannya Vera Rompas Mastura yang tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Sulteng ditambah lagi Mustar Labolo yang juga tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Sulteng. Mereka berlima harus bersiap mengundurkan diri saat ditetapkan sebagai calon Bupati atau Wakil Bupati.

Keharusan untuk mengundurkan diri, tidak lepas karena keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam membuat keputusan baru bagi DPR, DPD maupun DPRD yang mencalonkan diri menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah. Mereka diharuskan membuat surat pengunduran diri dan mundur dari jabatannya saat resmi ditetapkan sebagai calon.

Hal ini ditegaskan Hakim Wahihudin Adam S saat membacakan putusan di Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2015). "Apabila telah ditetapkan secara resmi oleh penyelenggara pemilihan sebagai calon dalam jabatan publik atau jabatan politik yang mekanismenya dilakukan melalui pemilihan, maka yang bersangkutan membuat surat penyataan pengunduran diri yang tidak dapat ditarik kembali,” kata Hakim Wahihudin Adam S

Padahal sebelumnya, dalam Pasal 7 huruf s dan d Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota (UU Pilkada) anggota DPR, DPD dan DPRD yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah tidak perlu mundur. Mereka hanya dipersyaratkan memberitahukan kepada pimpinan.

Tapi untuk kali ini tidak sama sekali. Syarat pengunduran diri yang semula hanya berlaku bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kini juga berlaku bagi anggota DPD dan DPR. [SF]

 

 

 


Bagikan :
Tags :
# banggai
close