Portal Berita Sulawesi

Kabar Publik

Waduh ! Ada Pungli di Sekolah Dasar (SD).

mumujo

Jum'at, 03 Juli 2015 22:10:43 WIB   |  546 pembaca  

Batui- Musim tahun ajaran baru untuk Sekolah Dasar (SD) segera dibuka. Para calon siswa dan orang tua pun super sibuk menyiapkan perlengkapan dan pendaftaran sekolah. Meskipun pendidikan dasar sekarang sudah gratis, beragam pungutan ternyata masih membebani orang tua dan peserta didik.

Hal tersebut kerap dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan pribadi dengan cara pungutan liar (pungli). Modusnya beragam, mulai dari pungutan daftar ulang, hingga meminta orang tua siswa membeli buku di toko-toko yang sudah ditentukan.

Aktifis Muda Kecamatan Batui, Adamsa SH kepada Transs menuturkan, ragam pungutan ini tak jarang menyebabkan meningkatnya angka putus sekolah bagi peserta didik. “Misalnya saja pungutan uang gedung yang sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah yang di alokasikan melalui dana perawatan, lantas untuk apa melakukan pungutan liar,” tanyanya.

Adanya proses bayar yang tidak transparan ini tentu membuat bingung kalangan masyarakat. “Katanya sekolah itu gratis tapi masih ada oknum yang melakukan pungli,” katanya lagi.

Guna mengantisipasi hal ini, para orang tua murid tidak segan untuk melaporkan berbagai pungutan yang dilakukan pihak sekolah jika ada. “Laporan bisa ditujukan ke Dinas Pendidikan setempat, jangan takut untuk melaporkan kalau dipungut macam-macam,” tegas Adamsa. [phian]



Bagikan :
close