Portal Berita Sulawesi

Bola

Hasil Singapura U-23 vs Indonesia U-23: Skor 0-1

admin

Jum'at, 12 Juni 2015 01:21:58 WIB   |  654 pembaca  

Timnas Indonesia U-23 akhirnya menjawab keraguan banyak pihak dengan lolos ke semifinal SEA Games 2015 setelah mengalahkan tuan rumah Singapura U-23 dengan skor tipis 1-0. Bermain di Jalan Besar Stadium, Kamis (11/6) malam, Garuda Muda menang berkat gol tunggal Evan Dimas.

Indonesia yang hanya butuh hasil seri untuk lolos ke semifinal SEA Games 2015 cabang sepakbola, menurunkan kekuatan terbaiknya. Manahati Lestusen, Adam Alis, Evan Dimas dan Muchlis Hadi Ning menjadi andalan Garuda Muda untuk menggempur pertahanan Singapura.

Meskipun mampu tampil mendominasi dan tenang di awal-awal pertandingan, peluang Indonesia justru baru tercipta pada menit ke-21. Sayang, tendangan Adam Alis dari luar kotak penalti itu masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Singapura, Muhammad Syazwan Buhari.

Tiga menit berselang, kembali Garuda Muda mendapatkan peluang untuk membuka skor. Namun kali ini giliran Evan Dimas yang memaksimalkan kemelut di mulut gawang Singapura.

Usai peluang tersebut, permainan berjalan seru. Baik Singapura maupun Indonesia sama-sama memiliki peluang untuk mencetak gol. Seperti peluang dari Evan Dimas pada menit ke-34, berhadapan dengan kiper SIngapura, Evan Dimas gagal memaksimalkannya menjadi gol setelah tendangannya mampu dibendung Buhari. Skor tanpa gol mengakhiri babak pertama.

Garuda Muda langsung menggebrak di babak kedua. Serangan pertama anak asuh Aji Santoso usai rehat mampu berbuah gol. Sebuah penetrasi dari Muchlis Hadi di sisi kiri pertahanan Singapura mampu menembus kotak penalti sebelum melepas umpan datar kepada Evan Dimas yang tanpa ampun melepas tendangan akurat yang merobek gawang Singapura.

Usai kebobolan, Singapura langsung memberi serangan balasan satu menit berselang. Lewat sebuah serangan cepat dari sisi kiri, Mohamad Suhaimi nyaris menyamakan kedudukan. Beruntung sundulannya masih mampu diantisipasi dengan gemilang oleh Teguh Amiruddin.

Mampu unggul satu gol, permainan Indonesia semakin rapi dan tenang. Pada menit ke-61, Indonesia kembali memiliki peluang lewat Syaiful Indra Cahya, sayang tendangan bek kanan tersebut masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Singapura. Begitu pula dengan peluang Ahmad Nufiandani semenit berselang juga masih mampu ditepis dengan gemilang oleh Muhammad Buhari.

Upaya tuan rumah Singapura untuk menyamakan kedudukan semakin berat. Pasalnya, pada menit ke-64, tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain setelah Wai Loon mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar dengan keras Evan Dimas.

Unggul satu pemain, Indonesia semakin mengendalikan permainan. Justru permainan Singapura yang terlihat kurang tenang dan menjurus kasar sehingga wasit beberapa kali menghentikan pertandingan akibat pelanggaran.

Di sisa pertandingan, Indonesia memiliki beberapa peluang dari Evan Dimas, Muchlis Hadi dan Adam Alis, namun hingga pertandingan usai, skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia tak berubah. Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2015 dan akan menghadapi juara Grup B, Thailand.

Susunan pemain

Singapura: Muhammad Buhari; Anum Kumar Mohan,Loon Wai Ho,Sheikh Othman SH, Muhamamd Abdul Rahman; Swandi Adam, Amy Samion, Guanasagaran, Stan Yong Woo Ng, Safirul Sulaiman; Mohamad Suhaimi.

Indonesia: Teguh Amiruddin; Muhammad Lestaluhu, Manahati Lestusen,Agung Prasetyo, Syaiful Indra Cahya;Ahmad Nufiandani,Evan Dimas,Paolo Sitanggang, Adam Alis Setyano,Zulfiandi; Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.
 (bola/dzi)

 


Bagikan :
Tags :
# bola
close