Portal Berita Sulawesi

HITS

Perahu Pustaka Berlayar Mengarungi Dunia Baca Makassar

admin

Rabu, 03 Juni 2015 15:27:01 WIB   |  580 pembaca  

Perahu yang dibuat seorang nakhoda sekaligus pembuat kapal asal Makassar siap berlayar, pada Rabu (03/06/2015) sore ini. Ia akan mengarungi pulau-pulau kecil di sekitar Makassar, mengunjungi Samalona, dan merambat ke timur Sulawesi.

Perahu itu membawa muatan spesial. Yang jelas bukan penumpang. "Bedanya dengan perahu Makassar biasa, ini membawa buku. Lebih dari lima ribu buku," kata Kian Savero Adityansyah, perwakilan Makassar International Writers Festival (MIWF) saat dihubungi CNN Indonesia.

Perahu yang dibangun awal 2015 itu diberi nama Perahu Pustaka. Pembuatannya terinspirasi Kuda Pustaka di Jawa Timur, semacam perpustakaan berjalan yang mendatangi warga-warga di daerah terpencil. Karena Makassar lebih banyak kepulauan, perpustakaan dibuat di perairan.

Karena itulah Perahu Pustaka penting. Ia berlayar membawa ribuan buku setiap hari. Jika ada yang ingin meminjam buku, perahu akan kembali satu atau dua minggu kemudian. Pelayaran diteruskan sampai setahun lamanya.

Buku yang dimuat Perahu Pustaka kebanyakan bacaan ringan. Mulai buku anak, majalah, sampai novel yang mudah dicerna. Sasarannya memang generasi muda, sehingga tak diberi buku yang terlalu berat dibaca. "Menurut data, hanya satu dari 10 ribu anak di Indonesia yang suka membaca," ujar Kian dengan prihatin.

Sesekali, Perahu Pustaka akan membawa penulis yang ingin berinteraksi langsung dengan warga terpencil Makassar. Diharapkan itu menjadi pancingan yang menarik bagi masyarakat.

Perahu Pustaka itu diluncurkan sebagai pengawal kegiatan tahunan MIWF 2015, yang berlangsung 3 sampai 6 Juni. Festival sastra itu akan dihadiri 60 sastrawan dari 20 negara. "Tahun lalu 30, jadi tahun ini ada peningkatan dua kali lipat," ucap Kian menyebutkan. [ Syf ]

Sumber : CNN Indonesia

http://www.cnnindonesia.com/hiburan/20150603111741-241-57287/perahu-pustaka-berlayar-mengarungi-dunia-baca-makassar/

 


Bagikan :
Tags :
# sulsel
close