Portal Berita Sulawesi

News Maker

Hari Bumi, KPLH SAMPA Gelar Aksi Damai

admin

Rabu, 22 April 2015 18:06:24 WIB   |  782 pembaca  

Hari Bumi yang tepat di peringati, Rabu 22 April 2015, Kelompok Pemerhati Lingkungan Hidup Solidaritas Anak Muda Pecinta Alam (KPLH SAMPA) menggelar aksi damai di tugu adipura Luwuk, Rabu (22/4).

Sambil membagikan selebaran, melalui oratornya, KPLH SAMPA mengajak masyarakat Banggai agar lebih peduli lingkungan.

Hari Bumi adalah hari peringatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun dan jatuh pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia.

Dalam sejarahnya peringatan hari bumi sendiri dicanangkan senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 yang juga seorang pengajar lingkungan hidup. Penepatan tanggal tersebut bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan.

Sementara itu, PBB sendiri merayakan hari bumi pada tanggal 20 Maret merupakan sebuah tradisi yang dicanangkan aktifis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari dimana matahari tepat diatas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini, hari bumi diperingati lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh jaringan hari bumi atau Earth Day Network. [nona]



Bagikan :
Tags :
# banggai
close