Portal Berita Sulawesi

Hari Anti Korupsi Sedunia, Kejari Luwuk Beberkan Sejumlah Kasus Tipikor

admin

Jum'at, 19 Desember 2014 15:18:44 WIB   |  5699 pembaca  

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada 9 Desember 2014, Kejaksaan Negeri Luwuk gelar konferensi pers di ruangan aula kantor Kejari. Pada konferensi tersebut, Kajari Sumurung P. Simaremare didampingi kepala seksi, membeberkan sejumlah kasus tipikor selama 1 tahun terakhir.

Beberapa kasus tipikor tersebut diantara lain, pada tahap penyelidikan, Kejari Luwuk melakukan 3 kegiatan. Pertama, kegiatan turun tangan dugaan tipikor bidang penambangan nikel oleh PT. Pantas Indomining berdasarkan surat perintah di bulan Januari. Dalam kasus ini, Kejari Luwuk telah menyimpulkan bahwa belum diketemukan cukup bukti tindak pidana umum dalam pelaksanaannya.

Kedua, dugaan penyimpangan dalam pelaksanaan kegiatan kebun bibit rakyat oleh Balai pengelolaan daerah aliran sungai (BPDAS Palu-Poso) dan Dinas Kehutanan Kabupaten Banggai tahun anggaran 2012-2013 ditingkatkan ketahap penyidikan. “Namun sekarang telah dinaikkan pada proses penuntutan, dimana pada tahap penyidikan telah ditetapkan tersangka atas nama SH, SA, FA. Dan pada hari ini, telah dilakukan penahanan rutan di Luwuk terhadap tersangka,” beber Kajari.

Ketiga, dugaan penyimpangan dalam pemasangan listrik pra bayar oleh PT. PLN Persero area Luwuk tahun 2013. Demikian juga dengan kegiatan penyelidikan tersebut telah ditingkatkan ketahap penyedikan dan saat ini sedang dalam proses persidangan.

Penuntutan satu tahun terakhir, ada 8 perkara, 3 diantaranya masih dalam tahap upaya hukum banding, 2 perkara dalam proses persidangan, 3 perkara akan segera dilakukan pelimpahan. Terkait penuntutan tersebut, sebanyak 5 perkara yang ditangani kejaksaan sedangkan dari penyidik Polres sebanyak 3 perkara.

Sementara perkara yang telah di eksekusi adalah terkait tipikor dalam pengelolaan dana Jamkesmas pada BRSD Luwuk tahun 2012, terkait PPIP tahun anggaran 2007, tipikor tentang pemalsuan administrasi dari penyidik polres Banggai. (Eno)



Bagikan :
close